Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Windows 7 Mendukung 256 Core, Kemas MinWin

Detil baru tentang Windows 7 (W7) terus mengalir sejak PDC minggu lalu. Walaupun Microsoft sudah berkali-kali mengatakan bahwa mereka tidak berniat melakukan perubahan besar pada kernel Windows 7 untuk menjamin kompatibilitas aplikasi dan driver dengan Vista dan lebih menitik beratkan pada perubahan user interface (UI), ternyata Microsoft juga menambahkan berbagai modifikasi yang bersifat fundamental di W7. Mark Russinovich, pendiri Sysinternals yang diakuisisi Microsoft bulan lalu membocorkan beberapa hal menarik tentang W7 yaitu kemampuannya dalam mendukung pemrosesan parallel dan MinWin.

Parallel Processing

Tampaknya Microsoft memiliki visi masa depan yang sama dengan Intel yang pernah meramalkan datangnya jaman komputasi berbasis CPU ribuan core.

Untuk Anda yang berpengetahuan cukup teknis: Russinovich mengatakan bahwa Microsoft berhasil memecahkan masalah dispatcher lock di Windows — sebuah tantangan yang bahkan tidak sanggup dipecahkan oleh pencipta Windows NT, David Cutler. Saat Cutler pertama kali mendesain Windows untuk pemakaian server, sistem berbasis 32 core masih terlihat jauh, sangat jauh di masa depan.

Dalam sistem multiprocessor, thread Windows harus terlebih dahulu menunggu dispatcher lock sebelum dapat beralih dari keadaan “waiting” menjadi “running“. Setelah Cutler dialihkan untuk memimpin proyek Windows Azure, seorang pengembang kernel Arun Kishan yang mempelajari masalah ini mulai dari awal menemukan sebuah solusi, tutur Russinovich. Dengan menambahkan sebuah sebuah status perantara lagi yaitu “pre-waiting,” Windows kini jauh lebih cocok untuk mengoperasikan aplikasi multi threaded secara parallel di sistem berbasis multicore.

Untuk Anda yang tidak berpengetahuan teknis: hasil akhirnya adalah W7 kini dapat mendukung sistem dengan 256 core. Apabila ingin mempelajari detil teknisnya kunjungi juga MSDN

.

MinWin

Sudah satu tahun berlalu sejak Eric Traut pertama kali mendemonstrasikan MinWin tetapi hingga kini masih belum mengetahui dengan jelas peran MinWin. Saat itu ada berbagai orang yang mengatakan bahwa MinWin, sebuah kernel yang ditulis ulang dari awal akan menjadi pondasi W7 atau Windows Server 2008 R2, tetapi pada akhirnya Anda sudah tahu, Microsoft membantah ide tersebut dengan mengatakan kernel W7 akan menggunakan kernel yang kurang lebih sama dengan Vista. Jadi apakah MinWin itu?

MinWin

Sedikit latar belakang: pada awalnya Microsoft berencana untuk berhenti menggunakan Win32 sama sekali, menciptakan OS baru dengan kode sumber efisien yang ditulis mulai dari nol. Akan tetapi, tentunya perombakan besar-besaran ini akan menimbulkan berbagai masalah kompatibilitas seperti yang terjadi pada transisi XP ke Vista.

Sekali lagi, Russinovich menjelaskan semua ini melalui video yang dipublikasikan di MSDN (mulai dari menit 28), tetapi Mary Jo Foley, blogger Microsoft di ZDNet memberikan penjelasan yang jauh lebih mudah dimengerti.

Setelah mempelajari konstruksi Server Core, Microsoft menemukan bahwa banyak sistem level rendah (low level) yang memiliki ketergantungan pada sistem level tinggi (high level) — sebuah hal tabu dalam desain sistem — dapat dianalogikan sebagai fungsi dalam aplikasi C yang memanggil main() (fungsi yang seharusnya berada dalam level yang lebih tinggi). Masalah ini ditemukan di seluruh penjuru kernel sehingga sangatlah sulit untuk membuat membersihkan semua ini, sehingga mereka memutuskan untuk melakukan hal ini secara bertahap.

Microsoft kemudian bekerja keras untuk memindahkan berbagai API Windows untuk menciptakan sebuah core — OS mini yang tidak memiliki ketergantungan dari luar core tersebut. Hasilnya adalah sebuah sistem independen berukuran sekitar 25MB, dapat di-boot dan dipakai, hanya bertanggung jawab untuk melakukan berbagai fungsi yang mutlak dibutuhkan oleh sebuah OS minimalis seperti memory management, networking, file system driver — MinWin.

MinWin merupakan pondasi dari segala pondasi Windows — inti dan tingkat terendah dalam OS Windows, kernel Win32 pada akhirnya ditempatkan satu tingkat di atas MinWin. Dalam video Russinovich, ia mengkonfirmasikan bahwa MinWin adalah bagian dari source code W7.

Walaupun MinWin telah rampung, Microsoft belum selesai dalam misinya untuk menulis ulang Windows. Hal ini akan dilakukan secara bertahap, perjalanan Microsoft untuk mengoptimisasi source code Windows masih jauh, langkah selanjutnya adalah beranjak menuju satu tingkat lebih tinggi lagi, menentukan batas lapisan Windows berikutnya sehingga pada akhirnya menggantikan kernel 32 Windows secara total.

Desktop Slideshow

Rafael Rivera menemukan sebuah fitur baru di W7 yang ia namakan Desktop Slideshow. Fitur ini memungkinkan Windows untuk secara periodik mengganti latar belakang desktop tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Lebih baik lagi, W7 bahkah memungkinkan pengguna untuk menggunakan media RSS untuk secara rutin mengganti later belakang desktop. Gambar diambil dari WithinWindows.

Mengganti wallpaper secara rutin di Windows 7

Menggunakan media RSS sebagai wallpaper

Setelah mendengar berbagai fitur baru W7, berbagai kapabilitas teknis berikut janji yang dilontarkan Microsoft tentang kinerja dan kompatibilitas, menurut saya W7 tampaknya merupakan sebuah OS yang menjanjikan. Bagaimana menurut Anda?

About these ads

November 8, 2008 - Posted by | artikel pilihan, Komputer, techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: