Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Mozilla Umumkan Proyek Geode

Logo GeodeBayangkan apabila sebuah aplikasi RSS dapat mendeteksi apakah pengguna sedang berada di rumah atau kantor untuk menyajikan kategori berita yang berbeda, atau sebuah situs berita dengan sebuah kolom yang khusus menyajikan berita lokal, atau sebuah situs yang mengijinkan login hanya bagi pengguna di daerah tertentu? Mozilla telah mengumumkan proyek Geode, sebuah implementasi awal dari spesifikasi W3C Geolocation yang memungkinkan layanan location aware (berbasis lokasi geografis).

Implementasi penuh Geode akan menawarkan berbagai alternatif bagi pengguna untuk menentukan lokasi mereka melalui GPS, Wi-fi, secara manual ataupun cara lain. Geode akan dikemas dalam versi Firefox selanjutnya, tetapi Mozilla memutuskan untuk merilis Geode lebih awal dalam bentuk extension Firefox yang hanya mendukung deteksi lokasi melalui teknologi Loki dari Skyhook.

Loki mendeteksi sinyal-sinyal wifi untuk mendeteksi lokasi Anda. Tidak seperti metode berbasis GPS yang biasanya membutuhkan hingga 45 detik, Geode mampu mendeteksi lokasi pengguna hanya dalam satu detik dengan akurasi 10 hingga 20 meter. Teknologi ini masih belum dapat dipakai di negara-negara di mana data sinyal wifi belum tersedia (seperti Indonesia) sehingga tidak akan berguna bagi sebagian besar dari kita.

Contoh penggunaan lain yang diberikan Mozilla adalah saat berwisata ke sebuah kota luar negeri, Anda tidak tahu restoran yang enak. Dengan layanan location aware, Anda hanya perlu mengaktifkan laptop Anda, menjalankan Firefox dan mengunjungi situs makanan favorit Anda. Firefox yang sudah mengetahui lokasi Anda mengirimkan data tambahan kepada situs yang kemudian secara otomatis merekomendasikan beberapa restoran di sekitar Anda sekaligus memetakan direksi di peta.

Geode saat ini sudah mendukung penggunaan dua situs yang menyajikan layanan berbasis lokasi yaitu Pownce dan Yahoo! Fire Eagle yang sudah pernah kami bahas sebelumnya.

Mozilla juga sadar bahwa layanan seperti ini bahkan lebih berguna lagi apabila dikemas ke dalam ponsel. Selain berjanji akan mengikutkan fitur ini di versi beta Firefox 3.1 (yang akan dirilis dalam 24 jam ke depan menurut jadwal rilis Mozilla), fitur ini juga akan dikemas ke dalam Firefox Mobile (Fennec).

Selain Mozilla, berbagai vendor aplikasi besar juga sudah mulai mengemas dukungan aplikasi berbasis lokasi ke dalam browser, contohnya seperti Google yang sudah mengemas fitur geolocation melalui Gears dan Mobile Safari yang mendukung GPS di iPhone.

October 8, 2008 - Posted by | Internet, Komputer, techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: