Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Google Profiles Kini Di-indeks Search Engine

Google Profiles pertama kali dimulai sebagai halaman untuk menyimpan preferensi untuk berbagai layanan Google dan sedikit data pribadi. Kini Google telah membuat prodil pribadi Anda dapat ditemukan melalui mesin pencari, menambahkan sedikit elemen sosial kepada Google Profiles.

Sebelumnya, profile secara efektif akan di-indeks mesin pencari namun minggu lalu, sebagaimana diketahui Garett Rogers dari ZDNet, Google menambahkan satu baris baru ” http://www.gstatic.com/s2/sitemaps/sitemap-000.txt” ke dalam file robots.txt yang membuat puluhan ribu profil pengguna Google di-indeks oleh mesin pencari. Jadi apabila Anda ingin mendapatkan visibilitas di internet, salah satu cara termudah adalah dengan mengisi halaman profil dengan nama lengkap Anda agar dapat ditemukan melalui mesin pencari.

Apabila Anda sudah berada dalam akun Google, kunjungi halaman Google Profiles dan Google akan memberi tahu Anda “semakin banyak informasi yang Anda berikan, semakin mudah bagi teman Anda untuk menemukan Anda,” kata Google. Pengguna dapat mengisi berbagai informasi seperti tempat dibesarkan, sekolah, hobi, perusahaan dan lain-lain.

Halaman Google Profiles

Untuk saat ini, halaman profil masih belum memiliki fitur penghubung seperti yang dimiliki situs Web Facebook, LinkedIn, MySpace, dan Orkut milik Google. Namun dengan profil yang semakin menguatkan keberadaan pengguna secara online, tampaknya tidak sulit untuk membayangkan bahwa Google sedang bergerak menuju arah itu.

Yahoo sudah sejak beberapa bulan lalu mengumumkan niat mereka untuk menjadi situs jejaring sosial dan telah mengambil langkah pertama dengan memaksa seluruh pengguna Yahoo untuk membuat profil baru minggu lalu.

Google juga tentunya dapat melakukan hal yang sama. Tambahkan sebuah widget di sini, sebuah social graph di sana, mungkin berikan juga sebuah feed yang dapat mengumumkan aktivitas online pengguna dan tambahkan beberapa elemen jejaring sosial seperti yang dilakukan Microsoft U Rank, tidak lama lagi Google juga akan menjadi situs jejaring sosial tersendiri yang lebih besar dari Orkut.

Google mengaku bahwa mereka memang ingin menambahkan visibilitas di web untuk profil pengguna namun menolak berkomentar lebih lanjut tentang rencana lain yang berhubungan dengan keputusan tersebut.

“Baru-baru ini kami menambahkan kemampuan untuk mencari semua profil publik yang diciptakan oleh pengguna. Jika pengguna memilih opsi ‘Show full name publicly so people can find you‘ pada halaman profil, halaman profil mereka akan dapat diakses oleh publik dan di-indeks mesin pencari,” tutur Google pada sebuah pengumuman pers.

Google sendiri mengatakan bahwa keputusan yang mereka ambil hanya merupakan salah satu perubahan rutin yang mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas pencarian, mdengatakan bahwa:

  1. Google Profiles memungkinkan pengguna untuk menentukan tampilan halaman mereka sendiri di web
  2. Mempermudah pencarian pada orang tertentu di web

Klik di sini untuk sumber artikel.

November 4, 2008 - Posted by | Internet, Komputer, techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: