Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Microsoft Akhirnya Umumkan Office Versi Online

Office Live logoDi konferensi PDC, selain mengumumkan Windows Azure dan detil lebih lanjut tentang Windows 7, Microsoft juga mengatakan akan menawarkan versi “ringan” dari beberapa aplikasi Office sebagai aplikasi berbasis web — Word, Excel, PowerPoint dan OneNote Web Applications. Walau dikatakan “ringan,” Microsoft mengatakan bahwa Office Web Applications tetap akan mengemas banyak fitur yang sebanding dengan Google Docs.

Untuk menghindari kebingungan, perlu ditekankan bahwa nama resmi dari layanan terbaru Microsoft ini adalah “Office Web Applications” dan bukan Office Online yang merupakan sebuah situs di mana pengguna diperbolehkan mengunduh template gratis untuk Microsoft Office.

Office Web Applications memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam menyunting dokumen Microsoft Office melalui IE, Firefox dan Safari menggunakan teknologi HTML, AJAX dan Silverlight (apabila browser dan OS mendukung).

Dari beberapa screenshot yang beredar di internet, versi online dari Microsoft Office ini terlihat memiliki tampilan cantik yang pasti sudah tidak akan asing lagi bagi para pengguna Microsoft Office 2007. Office Web Applications bahkan memiliki UI ribbon yang disebut-sebut sebagai UI revolusioner untuk meningkatkan produktivitas dalam menyunting dokumen.

Word Online

Screenshot Word Online

Excel Online

Screenshot Word Online

PowerPoint Online

Screenshot Word Online

OneNote Online

Screenshot Word Online

Office Web Applications akan ditawarkan kepada untuk konsumen melalui layanan Office Live yang memberikan opsi penggunaan gratis yang disponsori iklan atau subkripsi tanpa iklan. (via RWW)

Saat mengumumkan produk ini, Steve Ballmer CEO Microsoft mengatakan “bahwa hari ini, beberapa hal yang menurut intuisi kami mudah tetap sulit, bahkan terkadang tidak mungkin. Mengapa kita tidak dapat dengan mudah mengakses semua dokumen yang kita ciptakan di kantor dari PC rumah? Mengapa semua informasi yang dibagikan pelanggan kepada kita tidak tersedia secara instan dalam satu aplikasi? Mengapa kita tidak dapat membuat kalender yang secara otomatis menyatukan jadwal kerja dan wisata kita?”

Tampaknya Ballmer tidak tahu bahwa Google sudah menyediakan layanan seperti itu selama beberapa tahun terakhir melalui Google Docs dan Calendar. Microsoft akan bersaing dengan beberapa perusahaan yang sudah terlebih dahulu mengeluarkan aplikasi Office berbasis web seperti Google Docs dan Zoho, tetapi Microsoft memiliki keuntungan di mana mereka dapat meng-integrasikan Microsoft Office dengan layanan Office Web Applications. Sebagai contoh, mereka dapat memberikan opsi di mana semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Office secara langsung di-sinkronisasikan ke akun Anda di Office Web Applications.

Bagaimana menurut Anda? Apakah menurut Anda suatu saat nanti kita akan melihat jaman di mana semua orang menggunakan aplikasi Office berbasis web menggantikan aplikasi desktop? Apakah Microsoft akan mengalahkan berbagai pemain lain dalam industri ini dan memperpanjang dominasinya dalam satu era komputer baru? (cloud computing)


November 4, 2008 - Posted by | artikel pilihan, Komputer, techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: