Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

SideSight: Teknologi Multi “Touch” yang Perlu Diwaspadai Apple

Teknologi input SideSightTeknologi baru bernama SideSight yang dikembangkan Microsoft berpotensi menjadi sesuatu yang pantas di-implementasikan di iPod Touch generasi baru. Divisi riset Microsoft tidak henti-hentinya mempublikasikan konsep interaksi inovatif untuk komputer masa depan. Yang terakhir ini adalah SideSight yang diperkenalkan di konferensi “User Interface Software and Technology” minggu ini melalui karya tulis Alex Butler, Shahram Izadi dan Steve Hodges.

Teknologi multi touch yang diperkenalkan iPhone merupakan konsep yang sangat revolusioner saat pertama kali diumumkan karena memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan ponsel melalui gerakan baru seperti pinch, slide dan tap di permukaan ponsel.

Tetapi teknologi input iPhone memiliki beberapa kekurangan. Karya tulis yang dipublikasikan mengatakan bahwa “untuk banyak alat mobile (seperti jam tangan atau pemutar MP3 portabel) layar sentuh tidak praktis karena ukuran layar tidak cukup besar, terutama dengan semakin mengecilnya ukuran alat. Walaupun dalam situasi di mana penggunaan layar sentuh praktis, berinteraksi dengan jari akan menutupi bagian dari layar sehingga sulit untuk melihat hasil input.”

Dengan SideSight, pengguna dapat melakukan gerakan input di bagian samping ponsel. Memutar tangan di samping ponsel memerintahkan ponsel untuk melakukan rotasi, menggerakkan tangan maju dan mundur memerintahkan ponsel untuk melakukan scroll. Microsoft juga mendemonstrasikan bagaimana teks dapat diketik di layar sentuh dengan stylus dan pada saat yang sama, tangan yang satu lagi melakukan scroll — gerakan yang mirip dengan gerakan alami pengguna saat menulis di selembar kertas.

Implementasi SideSight di HTCPada intinya, SideSight menghapus faktor “touch” dari multi touch, mirip dengan teknologi Touchless, tetapi lebih praktis karena tidak harus dilakukan di depan kamera ponsel. Apabila ponsel diletakkan di meja, pengguna dapat berinteraksi dengan ponsel dengan menggerakkan tangannya di permukaan meja — dan ponsel juga tidak membutuhkan layar sentuh.

Untuk mendemonstrasikan konsepnya, Microsoft menambahkan dua sensor infrared ke ponsel HTC Touch yang terpisah 1cm satu sama lain. Dua sensor ini dapat mendeteksi input dalam jarak 10 cm dan dapat ditanamkan di seluruh pinggiran ponsel. Microsoft akan terus mengembangkan SideSight untuk memangkas konsumsi daya, jangkauan sensor lebih jauh dan menjelajah kemungkinan meng-implementasikan SideSight di seluruh permukaan ponsel. (via Gearlog)

November 4, 2008 - Posted by | techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: