Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Studi Mengatakan FaceBook Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Menurut sebuah penelitian perusahaan tidak seharusnya mencegah karyawan menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Friendster pada jam kerja karena usaha untuk mengendalikan kebiasaan karyawan dalam menggunakan situs jejaring sosial seperti ini dapat merusak perusahaan dalam jangka panjang dengan membatasi kemampuan karyawan dalam berkomunikasi. Penggunaan layanan jejaringan sosial dapat membantu para karyawan untuk membina hubungan dengan rekan yang berbeda kantor, menurut Peter Bradwell, penulis studi tersebut.

Namun perusahaan sebaiknya membatasi karyawan agar tidak menggunakan situs jejaring sosial secara berlebihan.

Interaksi Intuitif

Riset mengatakan bahwa semakin banyak perusahaan yang menggunakan perangkat lunak jaringan untuk berbagi dokumen dan menggabungkan ide.

facebookDan sementara layanan seperti LinkedIn lebih banyak digunakan untuk keperluan kerja, sistem lain seperti Facebook, Bebo dan MySpace juga bukan tidak berguna sama sekali. “Mereka merupakan bagian dari cara manusia berinteraksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan intuisi,” kata Bradwell.

“Membatasi Facebook atau layanan sejenisnya sama saja dengan mengekang keinginan manusia untuk berinteraksi. Seringkali manusia membina hubungan pertemanan dengan rekan kerja mereka melalui jaringan seperti ini.” Menggunakan teknologi untuk membangun hubungan dengan mantan rekan kerja dan pelanggan prospektif dapat meingkatkan produktivitas, inovasi dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, tambah Bradwell.

“Pada lingkungan bisnis yang semakin sulit hari-hari ini, reaksi alami yang biasa diambil para manajer adalah dengan memperketat pemantauan untuk mengukur tingkat produktivitas karyawan. Membiarkan pekerja untuk memiliki kebebasan dan fleksibilitas tampaknya tidak intuitif, namun sebenarnya cara tersebut dapat menciptakan lingkungan bisnis yang stabil.”

Popularitas situs jejaring sosial menunjukkan adanya keinginan manusia untuk saling berhubungan dan bersosialisasi, kata Mark Turrell, CEO dari Imaginatik yang mengembangkan aplikasi jejaring sosial kustom untuk perusahaan.

“Kemampuan untuk dapat melihat foto rekan kerja atau mengetahui aktivitas mereka dapat menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk dunia bisnis, apalagi jika perusahaan mempekerjakan ribuan orang,” tambah Turrell yang berpartisipasi dalam studi tersebut.

Turrel juga berpendapat bahwa penggunaan situs jejaring sosial “harus terhubung dengan tujuan bisnis” yang benar, mengatakan bahwa pelanggannya menggunakan aplikasi jejaring sosial untuk menjelaskan masalah yang mereka hadapi kepada semua karyawan. “Orang pertama yang menanggapi masalah tersebut mungkin tidak tahu solusinya, namun mereka dapat merekomendasikan orang lain yang dapat melakukannya,” tambah Turrel. “Dalam beberapa hari, mereka dapat mengumpulkan cukup orang dari seluruh penjuru perusahaan dengan kemampuan teknis yang tepat untuk mengerjakannya.”

Karyawan muda yang sudah terbiasa menggunakan e-mail, ponsel dan situs jejaring sosial berharap perusahaannya bersedia mengadopsi teknologi baru, lanjut Turrel, dan hal ini juga mendorong karyawan yang lebih tua untuk ikut beradaptasi. “Masalah utamanya adalah bagaimana Anda membuat orang-orang yang paling berkemampuan untuk bekerja untuk Anda dan bagaimana memaksimalkan potensi mereka,” kata Mr Turrell.

“Perusahaan harus memberikan ruang secara fisik dan virtual agar para karyawan dapat berkembang dan mengutarakan ide mereka. Pada jaman sekarang, karyawan berharap dan membutuhkan alat jejaring sosial yang canggih di perusahaan agar mereka dapat bekerja baik.”

Klik di sini untuk sumber artikel.

November 4, 2008 - Posted by | Internet, Komputer, techno

1 Comment »

  1. […] Namun perusahaan sebaiknya membatasi karyawan agar tidak menggunakan situs jejaring sosial secara berlebihan. Misalnya akses facebook dibuka pada saat sebelum dan sesudah jam kerja dan juga pada saat jam istirahat.  – referensi di sini […]

    Pingback by facebook bagi perusahaan : sebuah maslahat atau mudharat? « indra hadi | January 22, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: