Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Tanggung Jawab Dalam Menggunakan Layanan Jejaring Sosial

Para siswa yang berkompetisi untuk masuk ke universitas ternama di AS mulai melakukan taktik tak terpuji, menurut Chicago Tribune. Melalui surat-surat kaleng yang dikirimkan ke kantor pendaftaran kampus, pelaku menyarankan administrasi kampus untuk mengunjungi halaman profil rival mereka di Facebook sebelum menentukan apakah kandidat pantas diterima. Dengan semakin tingginya tingkat persaingan setiap tahun, para pakar percaya ini merupakan era baru “sabotase Facebook.”

Menjatuhkan Orang Lain dengan Situs Jejaring Sosial

facebookfotoFoto dan video yang tidak pantas sudah sejak lama menjadi bagian dari situs jejaring sosial. Terkadang profil jejaring sosial ini digunakan untuk menyerang siswa lainnya untuk merusak nama baik seseorang, mengadu domba seseorang dengan orang tua (atau hukum) atau hanya sekedar mempermalukan mereka. Hingga beberapa saat lalu, usaha-usaha seperti ini tidak memiliki efek berkepanjangan pada hidup siswa tersebut.

Namun kini, sabotase seperti itu berpotensi merusak peluang seorang siswa untuk bergabung dengan universitas yang mereka inginkan —dan pada akhirnya mengubah hidup seseorang selamanya.

Menurut laporan, karyawan administrasi kampus melihat peningkatan usaha sabotase yang datang dari surat kaleng mengatakan bahwa rival mereka pernah tertangkap mencontek dalam ujian, diskors karena mabuk-mabukan atau setidaknya meminta pihak kampus untuk melihat halaman Facebook mereka. Dan yang lebih menyedihkan lagi, surat-surat ini bukan hanya dikirimkan oleh siswa itu sendiri, namun oleh orang tua mereka yang ingin meningkatkan peluang anak mereka.

Beberapa karyawan kampus mengatakan bahwa mereka biasanya hanya menindak-lanjuti surat-surat yang bertanda tangan, namun ada juga yang mengakui bahwa mereka akan menelusuri setiap tuduhan, bahkan yang dikirimkan tanpa nama.

Walaupun laporan ini secara hanya menyinggung Facebook, situs jejaring sosial terbesar dunia, hal ini juga terjadi pada berbagai situs jejaring sosial lain seperti MySpace atau Friendster yang populer di Indonesia.

Menjatuhkan Diri Sendiri dengan Situs Jejaring Sosial

Artikel ini keluar mengikuti wawancara yang membahas tentang Facebook dan karir di mana CareerBuilder mengatakan bahwa satu dari lima perusahaan memeriksa profil Facebook saat memeriksa kualifikasi kandidat. Mereka juga mengatakan bahwa satu dari tiga kandidat ditolak karena memperlihatkan foto dengan alkohol atau narkoba. (via RWW

)

Pesan udaramaya

Tentunya beberapa contoh di atas menunjukkan bagaimana penggunaan situs jejaring sosial secara tidak bertanggung jawab berpotensi merusak hidup seseorang. Situs jejaring sosial sudah menjadi bagian dari komunitas modern hari ini dan akan terus begitu seiring dengan berjalannya waktu.

Situs jejaring sosial memungkinkan siapapun untuk mengakses informasi pribadi yang mungkin tidak ingin Anda perlihatkan pada semua orang, namun pada akhirnya pengguna harus sadar bahwa sebagian layanan jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat membaca profil mereka.

Akan tetapi sebelum Anda mulai menghapus semua profil jejaring sosial Anda, renungkanlah hal ini selama beberapa waktu. Walaupun Anda adalah seorang murid yang ingin masuk universitas atau merupakan seorang professional yang ingin mencari pekerjaan baru, tidak ada alasan untuk tidak memelihara sebuah kehadiran online. Dilakukan dengan benar, membuat nama Anda mudah ditemukan melalui Google kerap kali justru membantu kesempatan Anda diterima. Dengan membuat profil online secara professional, Anda dapat menunjukkan pada pengunjung keahlian professional Anda — bukan foto-foto saat mabuk.

Pesan kami untuk Anda para penduduk web 2.0 adalah: jangan lupakan rasa tanggung jawab dalam menggunakan situs jejaring sosial, bukan saja terhadap orang lain melainkan juga terhadap diri sendiri. Teknologi bukan sesuatu yang remeh, memberikan akses ke informasi dalam jumlah yang amat sangat besar. Gunakan situs jejaring sosial sesuai tujuan aslinya — untuk saling berhubungan dan berbagi, bukan untuk menjatuhkan orang lain.

November 4, 2008 - Posted by | artikel pilihan, Internet, techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: