Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Windows 7, Mimpi Vista yang Tertunda

Windows 7 (W7) merupakan perwujudan sebenarnya dari apa yang seharusnya sudah terjadi pada Vista yang beberapa tahun lalu dijanjikan Microsoft sebagai OS revolusioner. Sebagai analogi, bandingkan film “Batman & Robin” dengan “Batman Begins”. Secara siperfisial, keduanya adalah Batman tetapi keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dari segi penayangan. Di bawah ini terdapat beberapa petunjuk yang akan menjelaskan mengapa Windows 7 akan menghantam habis Vista.

Microsoft sendiri juga bersungguh-sungguh dalam memaparkan bagaimana W7 akan “membunuh” Vista. Pada konferensi PDC minggu lalu, Gabriel Aul yang memimpin divisi kinerja Windows menampilkan presentasi sederhana dengan judul “Raising the Bar“:

  • Jika sebuah aplikasi atau alat bekerja pada Vista, ia juga akan bekerja di W7
  • Jika sebuah sistem menjalankan Vista, ia akan menjalankan W7 lebih cepat
  • Laptop akan memiliki masa pakai baterai yang lebih lama dengan W7
  • W7 akan lebih stabil dari pada Vista SP1 mulai dari hari pertama

Bukan hanya memiliki user interface (UI) yang lebih berguna, W7 juga akan menghadirkan taskbar yang sama sekali baru serta berbagai perubahan yang mendasar untuk meningkatkan pengalaman pemakaian pengguna. Microsoft juga mengklaim kalau versi Windows baru ini akan jauh lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya (pertama kali untuk Microsoft).

UI Taskbar baru Windows 7

Manajemen Memori

Hal tersebut dimungkinkan karena W7 jauh lebih cerdas dalam mengatur berbagai hal yang terjadi di belakang layar sementara Anda disajikan UI baru yang indah sekaligus berguna. Sebagai contoh, memory manager Vista mendedikasikan kapasitas RAM yang sama untuk setiap jendela yang terbuka. Tidak peduli berapapun jendela aplikasi yang terbuka, Vista memperlakukan masing-masing seakan sedang ditampilkan secara penuh pada layar, walaupun sebenarnya pengguna telah me-minimize jendela tersebut atau hanya sekedar bekerja pada latar belakang.

Hal ini tentunya sangat haus sumber daya komputer, terutama jika Anda suka membuka puluhan aplikasi sekaligus. W7 tidak melakukan hal tersebut, melainkan hanya mengalokasikan sumber daya secara penuh pada jendela aplikasi yang aktif. Hal ini berarti Anda bisa mengoperasikan W7 hanya dengan RAM 1GB

— tidak seperti Vista di mana RAM di bawah 2GB menyebabkan sistem berjalan sangat lambat.

Menangani Crash dengan Baik

W7 juga lebih cerdas dalam menangani aplikasi yang crash dan eror menggunakan beberapa cara yang berbeda, dinamakan fitur application crash resiliency. Jika sebuah aplikasi crash lebih dari sekali, Windows 7 akan mempelajari bagaimana seharusnya menjalankan aplikasi tersebut untuk menghindari kesalahan yang sama. Ada juga fitur Problem Steps Recorder yang akan memantau aktivitas pengguna yang menyebabkan eror aplikasi tersebut. Jika pengguna bisa menyebabkan crash yang sama setelah recorder

W7 juga datang dengan sistem yang menempatkan semua device driver dalam sandbox masing-masing sehingga permasalahan yang diakibatkan sebuah driver tidak akan merambat ke driver lain. Selain itu, Microsoft juga akan menyajikan semua driver terbaru melalui Windows Update sehingga pengguna tidak perlu mengunjungi situs vendor satu per satu (contohnya situs Lenovo untuk mendapatkan update driver untuk Thinkpad). menyala, ia akan memberikan sebuah laporan detil yang mudah dimengerti.

Hemat Daya

Para pengguna laptop juga akan mencintai W7. Manajemen daya Vista memang lebih baik dari XP — tetapi Windows 7 akan mengemas yang lebih baik lagi. Selain menghemat konsumsi daya melalui manajemen memori yang sudah disinggung sebelumnya, W7 juga akan lebih sering membatasi kinerja prosesor, mengurangi penggunaan daya saat memutar DVD standar, secara otomatis mematikan Ethernet dan lain-lain. Windows 7 juga mampu memberikan laporan efisiensi baterai dengan detil secara detil yang memperlihatkan komponen apa saja yang mengkonsumsi paling banyak daya.

Semoga saja semua fitur ini akan diwujudkan dalam Windows 7 dan tidak ada lagi alasan lain untuk membenci Windows seperti pada Vista.(Gizmodo)

November 4, 2008 - Posted by | artikel pilihan, Komputer, techno

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: