Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

eBuddy vs. shMessenger

Tak disangka, artikel tentang gadget atau phone sedang diminati. Hal tersebut karena pengaruh mobile chatting 2008. Hal yang membuat orang menggunakan akses GPRS adalah chatting. Layanan yang sering digunakan oleh para chatter, khususnya indonesia, adalah Yahoo!. Yahoo! yang awalnya menyediakan free e-mail, sekarang dengan ID Yahoo! e-mail pun kita bisa berchatting ria. Yang jadi permasalahnnya adalah program apakah yang cocok untuk gadget kita. Saya mempunyai list program yang men-support ID Yahoo! Messenger. Agar membuktikan siapa yang lebih baik dalam program Yahoo! Messenger saya akan membuat Turnamen Y!M terbaik. Karena yang dihandphone saya cuman ada beberapa aplikasi yaitu bing, morange, ebuddy, shMessenger maka pertandingan pertama diawali oleh eBuddy vs. shMessenger. Disebalah kiri ada kubu eBuddy dan disebelah kanan ada kubu shMessenger. Pertandingan pun, 3… 2… 1… MULAI!!

eBuddy v.0.94 build 3010 (BETA) VS shMessenger Platinum

  • Akses (Access)

Untuk mendapatkan sebuah program eBuddy anda hanya perlu mengunjungi m.ebuddy.com dan anda tinggal pilih pilihan mendownloadnya. Anda pun bisa mendownloadnya di wap.getjar.com dari handphone anda. Dan anda tidak direpotkan untuk mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota ebuddy. Inilah kelebihan ebuddy.

Untuk shMessenger sendiri, program ini harus didownload di shMessenger.ro/wap. Sayangnya, di website getjar, program ini tidak ditemukan. Jadi, untuk mendownloadnya anda harus ke offical websitenya. Berbeda dengan eBuddy, untuk menggunakan program ini anda harus me-register diri anda ke bagian account. Dan setelah anda meregister, anda akan mendapatkan shMessenger account. shMessenger account digunakan untuk mengisi username dan password di bagian awal program.

Pemenang dalam segi Akses : eBuddy. Yang menjadi permasalahan di shMessenger adalah penyebaran program ini kurang luas. Tapi, program shMessenger sudah memiliki banyak pengguna walaupun tidak lebih banyak ebuddy. Dan shMessenger tidak menyediakan berbasis web wap.

..:: Skor sementara 1 – 0 ::..

  • Kemudahan Penggunaan (Easy to Use)

Menggunakan eBuddy tidaklah sulit. Setelah anda masuk ke ID Yahoo! anda. eBuddy memilah-milah akun yang Online dan yang Offline. Dengan sistem pembagian ini anda akan lebih mudah melihat yang aktif dan tidak. Anda pun bisa men-setting agar akun teman anda di pisahkan secara group atau online. Saat teman anda mengirimkan pesan ke anda, program ebuddy akan memunculkan sebuah tab baru yang bernamakan nama teman anda. Untuk berpindah dari tab utama ke tab teman anda, anda hanya menekan tombol ke arah kanan sampai ke tab teman anda. Untuk membalas pesan teman anda, anda harus menekan tombol CHAT (di Nokia, adalah tombol yang berada ditengah) dan menulis pesan anda dan tekan SEND lagi. Cukup merepotkan sih.

Dalam shMessenger, anda bisa melihat teman anda yang aktif atau tidak, dengan memilih option dan show/hide offline . Sayangnya, di shMessenger pengelompokkan hanya bisa berdasarkan group. Jika ada pesan ke anda akan muncul tab teman anda. Akan tetapi, ada satu hal yang memiliki keunikan dari shMessenger, anda bisa langsung mengetikkan pesan anda dan mengirimnya beda halnya dengan ebuddy.

Pemenang dalam segi “Kemudahan Penggunaan” : shMessenger. Kekurangan yang dimiliki oleh ebuddy adalah saat akan membalas pesan teman anda. Anda harus menekan tombol CHAT dan menuliskan pesan anda. Di shMessenger, anda dapat langsung menuliskan pesan anda. Untuk masalah grouping rasanya tidak usah diperdebatkan karena hal ini mungkin tak berpengaruh terhadap aktivitas chatting kita. Easy 2 Use.

..:: Skor Sementara 1 – 1 ::..

  • Feature

Di ebuddy anda disuguhkan beberapa feature yang menarik. Anda bisa memasukkan beberapa account messenger diantaranya MSN, Yahoo!, Gtalk, AOL. Dan account tersebut bisa digunakan secara bersamaan. Ada feature initial status, sayang, di eBuddy hanya memiliki 4 status yang dapat digunakan yaitu Online, Busy, Away, dan Invisible. Untuk suara anda bisa men-settingnya dalam 10 Level. Level 1 untuk silent (tak berbunyi) dan Level 10 untuk suara maksimum. Feature yang adalah vibration (getar), anda bisa menyalakan ataupun mematikannya. Dan yang paling penting adalah bagian about. Semua pengguna ingin tahu versi yang sedang digunakan. Emoticons atau Smiley merupakan komponen penting untuk mengekspresikan tulisan. Di ebuddy hanya terdapat 13 emoticon. Cukuplah. Setelah beberapa feature tersebut ada feature conference. Bagi saya, feature tersebut penting. Enak buat nimbrung ama temen. Setelah itu ada feature Nudge, di Yahoo! Messenger PC, istilah Nudge lebih dikenal dengan istilah Buzz. Feature yang gak kalah serunya adalah, quicktext. Feature ini memungkinkan kita mengirimkan pesan singkat yang sudah tersedia di ebuddy. Karena feature ini berbahasa inggris; jarang dipakai oleh sebagian orang. Jadi, feature yang ada di ebuddy : 4 Account supported, Initial Status, Sound, Vibration, About, Emoticons, Conference, Nudge, QuickText, Add Buddy, Remove Buddy.

Feature pertama di shMessenger adalah support untuk 3 account yaitu Yahoo!, MSN (Beta), Gtalk. Disini accountnya dibatasi untuk 2 account. Dalam menu setting anda bisa menset sound, vibration, dan Flash Backlight (Cahaya kedap-kedip). Beda halnya dengan eBuddy, di shMessenger, terdapat feature theme. Theme membuat penampilan shMessenger sesuai dengan selera anda. Untuk sekarang theme yang tersedia hanya ada 3 : shLavender, shPink, shVista. Favorit saya yaitu shVista.shtheme. Di bagian setting juga terdapat pilihan Connection Type (Jenis Koneksi). Saya kurang mengerti peruntukkan feature ini. Hemat saya, jika menggunakan jenis koneksi HTTP (wap) akan lebih cocok untuk mobile. Jika Direct (Internet) (mungkin) diperuntukkan dengan koneksi WiFi atau koneksi internet selain WAP. CMIIW deh. Feature berikutnya ada Show/Hide Offline. Feature ini berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan akun yang sedang tidak aktif. Feature yang penting lainnya adalah Set Status. Status yang tersedia di shMessenger ada 9 status. Antara lain: shMessenger Mobile, Available, Busy, Stepped Out, Be Right Back, Not at My Desk, On the Phone, Custom…, dan Invisible. Status yang sering digunakan adalah status Custom…. Jika anda memilih status ini, anda bisa membuat pesan singkat distatus anda. Menarik bukan? Di shMessenger, anda bisa mengubah icon gambar anda dengan feature Set Display Image. Feature lain yang sudah dikenal adalah Add Buddy dan Remove Buddy. Feature yang menarik lainnya adalah Send to Groups. Feature ini bisa diakses dengan memilih Options > IM > Group… Anda bisa mengirimkan pesan ke semua teman anda yang terkelompok sesuai group yang anda susun. Feature yang dapat diakses saat ber-chatting ria adalah BUZZ, Show Status (Melihat status orang), View Icon (Melihat Icon Orang), Spy (Mendeteksi status orang saat invisible), Insert Smiley, Capture & Send (Mengirim gambar yang langsung diambil), Send File (Mengirimkan File). Smiley yang tersedia di shMessenger ada 54 smiles. Itupun belum termasuk yang Hide Smiley. Jadi, shMessnger memiliki beberapa feature : 3 account supported (2 account online), Sound, Vibration, Flash Backlight, Theme, Connection Type, Show/Hide Offline, Set Status, Custom Status, Set Display Image, Add Buddy, Remove Buddy, Send all to group, Buzz, Show Status, View Icon, Spy, Smiley, Capture & Send, Send File.

Pemenang dalam segi “Feature” : shMessenger. Dibandingkan dengan eBuddy, shMessenger memiliki feature yang lebih banyak. Dan feature sangat membantu untuk para remaja sekarang.

..:: Skor Sementara 1 – 2 ::..

  • Penampilan (Interface)

Penampilan di ebuddy tergolong bagus dan unik. Akan tetapi, interface display tidak dapat diubah. Rasanya jenuh bukan jika tampilannya monoton.

Di shMessenger terdapat feature theme. Jadi, anda tidak akan bosan dengan tampilan yang disediakan oleh shMessenger.

Pemenang dalam segi “Penampilan” : shMessenger. eBuddy terlalu monoton. Jika eBuddy memiliki beberapa theme, sepertinya hasilnya akan seri.

..:: Skor Sementara 1-3 ::..

  • Ukuran File (File Size)

Untuk ukuran file ebuddy bisa mencapai + 131 kB.

Untuk ukuran file shMessenger bisa mencapai + 179 kB.

Pemenang dalam segi “Ukuran File” : eBuddy. eBuddy lebih memiliki ukuran file yang lebih ringan daripada shMessenger. Yang memungkinkan kita mengisi handphone kita dengan program-program lain.

..:: Skor Sementara 2-3 ::..

  • Popularitas (Popularity)

Untuk masalah popularitas ebuddy jagonya. Ebuddy yang membuat e-Messenger di Web ataupun di mobile ini memiliki pengguna yang banyak. Saat saya mau menggunakan e-Messenger saya teringat oleh e-buddy. eBuddy memiliki website yang sangat rapih dan bagus tuk dilihat. Di kalangan mobile, ebuddy mungkin messenger pertama yang akan digunakan.

shMessenger.ro memiliki popularitas di kalangan chatter, khususnya indonesia. Teman-teman saya biasanya menggunakan shMessenger. Yang berarti shMessenger mempunyai popularitas yang cukup bagus.

Pemenang dalam segi “Popularitas”: eBuddy. eBuddy lebih dahulu muncul dalam jamannya e-Messenger. (Mungkin) Beberapa tahun kemudian shMessenger akan menyusulnya jika masih dikembangkan.

..:: Skor Sementara 3-3 ::..

  • Kesalahan paling sedikit

Di ebuddy jarang sekali ditemukan masalah error. Saya pun bingung errornya bagian yang mana. Habis jarang sekali.

Di shMessenger selalu menemui error. Salah satunya adalah Connection Failed dan/atau diikuti pesan Java.io.IOException: Error in HTTP operation. Itu berarti account shMessenger sedang tidak dapat diakses. Bukan masalah operator yang anda gunakan.

Pemenang dalam segi “Kesalahan paling sedikit”: eBuddy. Permasalahan shMessenger hanya dari account yang disediakan oleh sh sendiri. Mudah-mudahan diperbaiki.

..:: Skor Sementara 4-3 ::..

  • Bandwith

Menurut teman saya, eBuddy lebih banyak menyedot bandwith. Apa karena langsung login ke yahoo? (Mungkin) eBuddy harus mendownload ulang list teman yang ada di ID Yahoo! kamu.

“shMessenger itu lebih murah”, kata teman saya. Saya tidak bisa membuktikannya, habis saya sendiri tidak ada masalah dalam urusan bandwith.

Pemenang dalam segi “Bandwith” : shMessenger. Tak ada bukti sih, tapi ini atas saran teman saya.

..:: Skor Sementara 4-4 ::..

  • Pemenangnya adalah (The Winner is …)

Wahh, ternyata seri, saya harus putuskan siapa yang memenangkan ronde satu ini. Dan pemenangnya jatuh ke tangan :

shMessenger PLATINUM

Selamat untuk shMessenger atas kemenangannya. Semoga semakin diperbaiki kesalahannya. Okay?

Catatan: Tes dilakukan di Handphone Nokia 5300 (Symbian 40 OS) dengan kartu IM3. Bagi yang enggak setuju KOMEN DISINI.

November 5, 2008 - Posted by | aplikasi chat, aplikasi hp, artikel pilihan, Internet, techno, tips dan trik

3 Comments »

  1. Wuiiiihhhh tulisannya mengenai chattingan komplit buanget.. Oke-oke lagi, jadi kita bisa pilih pilih sebelum download.
    mas Fandana,…….. bantuin aq dong,…. Aq dah download morange yang old version, hp ku N78 tapi kenapa ga bisa kirim pic ya? selalu ga support gitu. Thanks a lot ya,….

    Comment by chenery ghita | November 8, 2008 | Reply

  2. Saya sangat setuju, shMessenger emg bagus😀
    Apalagi kalau jaringan lagi ga bagus/putus, kita masih bisa lihat chattingannya. Kynya kalau ebuddy langsung ketutup (lupa, udah lama ga pake :P).
    Kekurangannya buat saya, ga bisa conference..
    Sama satu lagi sih, akhir2 ini suka susah ngeset status. Padahal udah Custom status, tapi waktu di-cek di tmp orang ternyata ga ke-set… Jadi seakan2 sudah ke-set pdhl ngga..

    Comment by tiwi | November 22, 2008 | Reply

  3. untuk shMessanger ini bisa chat FB juga ga ya???

    Comment by yanthie | July 13, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: