Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Mengapa Situs/Blog Memerlukan Inbound Links

Mengapa situs/blog memerlukan “link” dari situs lainnya ke situs/blog kita, dalam dunia blog biasa disebut ”bertukar link”. Bertukar link gunanya untuk meningkatkan traffic ke blog/situs kita, dan berpengaruh terhadap search engine untuk mengenali situs/blog kita.

Sebelum kita lanjutkan pembahasannya kita harus tahu dulu, apakah Inbound Links itu?
Menurut mas Cosa Aranda :

Inbound links itu adalah link yg ada di dalam situs kita yg menuju ke (a) halaman lain, atau (b) bagian lain dari halaman yg sama. Misalnya, link-link kategori dalam blog itu termasuk inbound links. Sedangkan lawannya adalah outbound links, yaitu link dari situs kita yg menuju ke situs lain.

Tanpa adanya traffic berarti situs/blog kita akan sia-sia, situs/blog tidak bisa menjual produk-produk kita atau menyampaikan ide-ide kita karena tidak akan bisa ditemukan oleh pemakai internet. Mendapat link dari situs/blog lainnya bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan traffic, tetapi mungkin yang paling penting.


Traffic Langsung dari Link

Pertama-tama, links menghasilkan traffic langsung. Links dari situs itu (mis: link dari blog teman-teman, forum, dll) merupakan suatu sumber yang penting dari traffic kepada situs/blog kita. Ketika seseorang mengunjungi situs/blog teman kita tersebut ada kemungkinan pengunjung tersebut akan mengklik link situs/blog kita, jadi semakin banyak link situs/blog kita di situs orang lain maka akan semakin tinggi traffic kita.

Kenapa orang-orang mengklik di links itu? Satu alasan yang pasti adalah mereka memandang links tersebut mendukung/relevan dengan data yang mereka cari. Mereka mengasumsikan webmaster itu berkata “Disini anda akan menemukan sumber yang sangat membantu atau yang menarik”. Mereka sedang mencari jenis layanan yang anda sediakan, sehingga mereka klik di links itu untuk memeriksa situs/blog anda.

Seseorang mau mengklik teks links yang bisa membangkitkan minat atau links yang menarik misalnya “Dengan Agloco anda akan dibayar setiap online” atau “Tingkatkan penghasilan anda dengan Adbrite” atau “Daftar AdSense dan dapatkan penghasilan ribuan Dollar perbulan”. Intinya links yang akan kita buat harus benar-benar menarik minat pembaca kita atau benar-benar aktual dan informatif sehingga akan meningkatkan traffic situs/blog kita.


3 Hal Tentang Links Yang Harus Kita Perhatikan.

Pertama, kita perlu mendapat sebanyak mungkin links di situs/blog target kita, maksud target disini adalah para pemakai internet yang kira-kira akan mengunjungi situs/blog kita (situs/blog yang relevan dengan situs/blog kita), biasanya orang menyebutnya bertukar links. Semakin banyak orang melihat links kita, semakin banyak traffic yang akan didapat.

Kedua, anchor text kita (kata-kata yang terhubung) harus membangkitkan minat, haruslah singkat, dan menarik, bermanfaat, sehingga punya alasan kuat bagi orang untuk mengkliknya.

Ketiga, perhatikan posisi links usahakan agar posisinya ditempatkan dihalaman yang mudah dilihat orang. Jika ditempatkan diantara ratusan links, kemungkin untuk menghasilkan banyak klik akan sangat jauh dari harapan kita. Para pengguna internet lebih banyak yang menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan data yang diinginkannya, akan dibahas berikut ini.

Traffic Dari Mesin Pencari

Alasan yang kedua untuk membuat inbound links adalah untuk mengesankan mesin pencari. Kebanyakan mesin pencari menggunakan kuantitas dan mutu dari inbound links kita untuk mengevaluasi arti penting dan keterkaitan dari situs/blog kita terhadap kata kunci yang spesifik. Sebagai contoh, jika ada postingan kita tentang ”Tips Google AdSense”, atau “Tingkatkan Penghasilan Anda dengan Agloco”, kita bisa membuat inbound links nya pada postingan yang lain sehingga satu sasaran kita agar mendapatkan page rank yang tinggi dimesin pencari sudah tercapai. Dengan inbound links juga sangat mempengaruhi page rank kita, saya sendiri sudah mencoba cara ini mudah-mudahan PR-nya meningkat.

Ini juga akan meningkatkan traffic karena ketika orang-orang mencari kata kunci tersebut diatas, situs/blog kita lebih mungkin untuk muncul di hasil pencarian. Semakin banyak inbound links kita yang menghubungkan situs/blog kepada “Tips Google AdSense” atau “Tingkatkan Penghasilan Anda dengan Agloco”, atau “bisa memilih sendiri keywordnya sesuai dengan topik anda”, dan akan semakin banyak traffic dari mesin pencari yang akan kita dapatkan. Hal yang penting untuk diingat dalam penggunaan inbound links adalah jangan sampai pemakaian inbound links melebihi 100 karena akan dibanned oleh mesin pencari.

Menggunakan Artikel Untuk Mendapat Traffic

Sering kali seorang penulis artikel yang baik akan muncul didalam ratusan situs/blog orang lain. Webmaster mengutip artikel-artikel itu karena mereka menganggap bagus, bermutu dan akan meningkatkan nilai dari situs/blog mereka. Tapi perlu diingat tidak semua pemilik artikel itu mengizinkan kita untuk mengutip artikelnya apalagi mengutip seluruhnya, sebaiknya sebelum mengutipnya kita minta izin dulu kepada pemiliknya.

Satu hal yang terpenting untuk meningkatkan traffic adalah artikel yang bermutu, aktual, informatif, disajikan secara lugas dan gamblang, jika hal ini sudah bisa kita sajikan kepada para pembaca kita yakinlah bahwa traffic kita akan selalu tinggi. Jangan lupa pula membuat link ke situs/blog lain sejenis sebagai bahan referensi, dengan begitu para pembaca akan percaya dan mereka akan kembali lagi dilain waktu. Sebagai contoh, jika situs/blog kita membahas tentang “SEO”, maka link kesitus/blog yang relevan (membahas tentang SEO juga) karena akan lebih berharga dibanding ke situs/blog yang bersifat umum atau berlainan topik (mis: membahas tentang Sepakbola).

Ketika kita membuat link, usahakan untuk menggunakan anchor text yang berisi keyword kita, tidak hanya alamat URL atau web saja . misalnya :

<a href="http://lbsfighter.blogspot.com/pisang.htm"> Tips Dasar SEO </a>

Terima kasih buat anda yang telah mau meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini, mudah-mudahan ada manfaatnya dan saya akan sangat mengharapkan anda mau meninggalkan kritik, saran anda dibawah ini 🙂.

November 5, 2008 - Posted by | artikel pilihan, Internet, techno, tips dan trik

1 Comment »

  1. Mas outbound saya lebih banyak gimana cara mengimbangan biar sama antara outbound dan inbound

    Comment by MULYONO W SPd | October 5, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: