Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Intel Nehalem – “Screaming Fast”

CPU Core i7 dengan arsitektur Nahelem yang revolusioner dari Intel salah satu produk teknologi yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2008. Begitu embargo Intel tentang Nehalem dicabut, berbagai situs langsung mempublikasikan berbagai ulasan tentang Nehalem. Walaupun setiap situs memiliki berbagai cara pengujian yang berbeda, pada akhirnya mereka mengambil keputusan yang sama — Core i7, produk unggulan Intel tidak hanya sekali lagi memecahkan berbagai rekor benchmark, tetapi juga konsumsi daya yang lebih rendah.

Arsitektur

Integrated memory controller adalah salah satu fitur yang paling diantisipasi oleh para antusias kali ini. Walaupun bukan perusahaan pertama yang menggunakan konsep ini, keputusan AMD untuk mengemas memory controller yang terintegrasi dengan prosesor, didukung sebuah interconnect baru bernama HyperTransport yang memperlihatkan kepada dunia peningkatan kinerja yang diantarkan arsitektur ini.

Dengan Nehalem, Intel juga meniru langkah yang dilakukan AMD beberapa tahun sebelumnya, memperkenalkan triple channel integrated memory controller dan teknologi interconnect baru bernama QuickPath Interconnect (QPI) untuk memastikan bahwa prosesor Core i7 tidak akan mengalami nasib yang sama dengan lini produk Core 2 — kekurangan bandwidth.

Kinerja

Intel merilis tiga model Core i7, semuanya membutuhkan socket dan chipset X58 baru untuk dioperasikan. Ketiga model ini adalah 920 (2,66 GHz), 940 (2,93 GHz) dan 965 Extreme (3,2 GHz) masing-masing dibanderoli $284, $562 dan $999. Motherboard yang menggunakan chipset X58 berharga di kisaran $300 dan $420. Bert Toepelt dari Tom’s Hardware merangkum hasil pengujian tuntas Nehalem sepanjang 37 halaman dengan “kasarnya, Anda akan membutuhkan dua setengah prosesor Phenom X4 untuk bersaing dengan model Core i7 unggulan Intel saat ini.”

Di bawah ini adalah beberapa benchmark yang diambil dari Tom’s Hardware, memperlihatkan perbandingan kerja tiga prosesor Core i7 dengan beberapa jenis CPU lain. Dan apabila Anda bertanya-tanya mengapa grafik di bawah memperlihatkan tiga buah prosesor 965 Extreme, CPU bebas untuk di-overclock dan dapat dengan mudah mencapai 3,8 GHz.

Benchmark CPU Sandra Core i7

Benchmark interger Sandra Core i7

Benchmark memori Sandra Core i7

Hemat Daya

Anda sudah melihat bagaimana Core i7 membawa ambang batas kinerja CPU beberapa tahap lebih tinggi lagi. Tetapi bagaimana dengan janji Intel bahwa Core i7 akan lebih ramah lingkungan dari produk generasi sebelumnya? HotHardware mempublikasikan sebuah grafik yang memperlihatkan konsumsi daya sistem berbasis Core i7 saat idle maupun bekerja penuh.

Grafik di bawah ini mencerminkan total konsumsi daya sistem secara keseluruhan, tidak hanya prosesor saja. Walaupun secara keseluruhan sistem berbasis Core i7 mengkonsumsi lebih banyak daya dibandingkan sistem berbasis Core 2, perlu diingat bahwa Core i7 mengantarkan kinerja yang jauh lebih tinggi dan pada akhirnya, memberikan kinerja per watt atau efisiensi yang lebih tinggi.

Grafik konsumsi daya Core i7

Untuk membaca ulasan Nehalem secara mendetil, kunjungi:

AMD tampaknya belum memiliki produk yang akan datang dalam beberapa tahun ini untuk menandingi produk terbaru dari Intel dan seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, masa depan AMD dalam jangka waktu beberapa tahun ini tampak suram.


November 8, 2008 - Posted by | artikel pilihan, Komputer, techno, tips dan trik

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fandana21

IVAN-TIAN-FANDANA

Darmawan°

Hidup itu penuh cerita

%d bloggers like this: